Profil pada Prodi (S2) Pendidikan IPA dikembangkan berdasarkan hasil analisis pelacakan lulusan dari prodi sejenis dari perguruan tinggi lainnya yang terdapat dalam satu wilayah. Dalam hal ini untuk rayon jawa tengah hanya ada dua perguruan tinggi yang menyelenggarakan yaitu UNNES dan UNS. Berdasarkan hasil studi dokumentasi diketahui kedua perguruan tinggi meluluskan rata rata 45- 50 mahasiswa pertahunnya. Pada umumnya karakteristik mahasiswa yang memilih Program Studi S2 pendidikan IPA memiliki latar belakang guru IPA, guru Biologi, guru Fisika dan guru Kimia, namun tidak jarang ditemukan pula mahasiswa lulusan S1 yang langsung melanjutkan ke jenjang S2. Fakta ini menunjukkan bahwa profil lulusan Prodi S2 Pendidikan IPA harus dirancang dengan mempertimbangkan karakteristik dari latar belakang inputnya. Merujuk kepada fenomena ini Prodi S2 Pendidik.
Profil Lulusan dan Deskripsi Prodi S2 Pendidikan IPA
Profil pedidik IPA profesional diharapkan akan nampak dari tercapainya learning outcomes yang telah ditetapkan sehingga akan dihasilkan guru-guru IPA yang lebih profesional dan mapu menerapkan ESD dalam pembelajarannya. Sementara itu profil peneliti pendidikan IPA yang beorientasi pada ESD membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan baik keterampilan umum maupun khusus serta pengetahuan dalam melakukan penelitian-penelitian tentang penerapan ESD pada pendidikkan IPA.
Profil Kompetensi dan Profesi Lulusan Pogram Studi
Berdasarkan profil tersebut diharapkan lulusan Program Studi S2 Pendidikan IPA dapat mengembangkan kemampuan-kemampuan tertentu secara khusus sebagai bekal untuk memperkuat SDM. Selain itu setiap profil dibekali pula dengan pengetahuan keilmuan yang mendukung profil.
Program Studi S2 Pendidikan IPA memiliki tiga profil yaitu pendidik IPA yang profesional, peneliti di bidang pendidikan IPA berorientasi ESD, dan konsultan penerapan ESD melalui pendidikan IPA. Profil inilah yang menjadi acuan utama, kemudian di breakdown menjadi keterampilan umum dan keterampilan khusus, sehingga menjadi dasar bagi mahasiswa untuk pembekalan kompetensinya. Pencapaian kompetensi tersebut dapat dilakukan dengan baik melalui strategi yang tepat, diantaranya:
Profil Program Studi S2 pendidikan IPA dapat dirumuskan dengan mengacu pada keterampilan umum lulusan magister sebagaimana telah diatur dalam Permendikbud No. 49 tahun 2014. Secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut :
Capaian Pembelajaran Sikap Program Studi (S2) Lulusan Magister
Capaian pembelajaran akan di akomodasi oleh serangkaian bahan kajian yang selanjutnya akan di turunkan menjadi matakuliah. Beberapa bahan kajian yang telah dirumuskan dalam Program Studi (S2) Pendidikan IPA Universitas PGRI Semarang adalah sebagai berikut: